Selasa, 22 Desember 2015

Fitur Audio pada Motherboard

Bila kita perhatikan fitur audio pada motherboard jarang sekali mendapat perhatian.  Fitur overclock, koneksitas yang lengkap dengan beragam antarmuka justru mendapatkan perhatian lebih. Hal tersebut memang wajar karena kebanyakan user kurang menganggap fitur audio itu penting. Kemampuan audio standar bawaan motherboard dianggap sudah cukup baik dalam memproduksi suara yang bisa didengar. Toh, jika user menginginkan kualitas suara yang lebih baik, sudah banyak tersedia banyak produk sound card eksternal yang menawarkan berbagai karakteristik bunyi yang bisa disesuaikan dengan selera user.
 
Trend penggunaan soundcard eksternal semakin hari justru semakin berkurang. Harga soundcard eksternal yang terbilang mahal menjadi salah satu alasannya. Selain itu, penggunaan soundcard eksternal mengharuskan user untuk menyediakan slot PCI Express  yang bisa menghilangkan fungsi atau dukungan dual GPU (CrossFire dan SLI) jika motherboard yang digunakan memiliki slot PCIe yang terbatas.

Saat ini,  kebanyakan produsen motherboard cenderung menerapkan sound card onboard. Misal GIGABYTE, salah satu produsen motherboard terkemuka yang sejak lama mengimplementasikan onboard audio pada produk motherboard-nya. Jangan salah, walau onboard audio, fitur yang dihadirkan tidak main-main.  

Kualitas onboard audio pada motherboard sangat dipengaruhi oleh sejumlah komponen aktif dan pasif yang digunakan. Di mana setiap komponen tersebut memiliki fungsi khusus yang nantinya akan memengaruhi kualitas output yang dihasilkan. Komponen aktif mulai dari chipset DSP, DAC, regulator, hingga OP-AMP. Komponen pasifmeliputikapasitor power, kapasitor sinyal, dan resistor.


Berikut beberapa komponen audio onboard pada motherboard yang sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan :
 


DSP (Digital Signing Processing)


DSP atau sistem pengolahan sinyal digital merupakan teknik, algoritma dan bentuk matematis untuk memanipulasi data sinyal yang diubah ke dalam bentuk digital. Teknik ini berada pada ranah atau domain diskrit waktu, diskrit frekuensi, dan domain lain secara sekuensial terhadap signal. 

Sistem ini biasanya terintegrasi pada chip berdesain application specific integrated circuit (ASIC). Produsen yang terkenal ASIC sebagai pembuat soundcard adalah Creative. Perusahaan yang berbasis di Singapore ini mengembang kan sistem hardware-software terintegrasi lengkap dengan user interface yang mudah digunakan. Aplikasi DSP Creative memungkinkan berbagai pengaturan disesuaikan selera, mendukung sistem gaming dan musik.


Motherboard GIGABYTE terbaru yakni seri Z170X-Gaming G1, hadir dengan fitur audio yang berlimpah. Tidak tanggung-tanggung, motherboard ini menggunakan audio processor dari Creative Soundcore3D  yang merupakan quad-core audio processor yang menawarkan kualitas audio yang jernih serta  mengintergrasikan chip DAC PCM 1794 yang sangat popular dikalangan pecinta audio. 



Dukungan software audio juga merupakan sebuah keharusan untuk memberikan nuansa audio yang berbeda-beda. Umumnya software audio yang dihadirkan menawarkan pengaturan suara serta equalizer yang bisa di atur untuk menghasilkan output suara yang dinginkan. 

Isolated PCB Audio


Electromagnetic interference (EMI), radio frequency interference (RFI) adalah contoh interferensi sinyal yang sering mengganggu sistem audio. Masalah ini bisa timbul ketika sirkuit internal rentan terhadap distorsi akibat buruknya sistem grounding. Efek langsungnya, user akan mendengarkan suara yang buruk dan kurang terdefinisi dengan baik. Sangat penting untuk melakukan isolasi grounding sistem audio dengan sistem lain pada motherboard agar efek ini tidak terjadi. 



Pada motherboard GIGABYTE, seluruh komponen audio 100% telah dilapisi dengan tembaga. Ini merupakan tameng pelindung dari gangguan interferensi sinyal EMI dan perubahan arus dan tegangan untuk menghasilkan kualitas audio jernih dan bebas noise. 

 


High-End Audio Capacitor


Seperti telah dijelaskan di atas, komponen audio juga melibatkan komponen pasif seperti kapasitor. Penggunaan kapasitor yang baik, tentu akan menghasilkan output yang baik pula. Oleh karena itu, high-grade capacitor adalah komponen mutlak yang harus terdapat pada rangkaian audio.

Pada motherboard GIGABYTE seri terbaru, terdapat dua jenis kapasitor yang digunakan untuk rangkaian audionya, yakni Hi-Fi grade WIMA capacitor dan Nichicon audio grade fine gold capacitor. Bagi para penggemar audio, kedua jenis kapasitor tersebut pasti sudah tidak asing lagi. Keduanya kerap digunakan untuk sistem audio premium yang mampu menghasilkan sound yang luas dengan frekuensi high dan low yang lebih jernih.  


Know us

Our Team

Tags

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *