Senin, 30 Mei 2016

Cara Menjalankan Konten 4K di Monitor Full HD




Tidak dipungkiri bahwa trend konten visual saat ini telah bergeser kepada format 4K. Dibandingkan dengan konten Full HD, format 4K memberikan tampilan visual yang jauh lebih tajam berkali-kali lipat. Hal tersebut menjadikan format 4K mampu menampilkan visual yang lebih nyata dan lebih tajam. 

Sejumlah hardware pendukung seperti monitor atau TV yang sudah mendukung resolusi 4K sudah mulai banyak ditemui di pasaran.

Umumnya format 4K banyak diterapkan pada konten hiburan seperti film di mana memberikan pengalaman visual baru yang lebih baik sehingga Anda bisa melihat setiap detail dari konten yang disuguhkan yang mungkin tidak Anda temukan pada format sebelumnya.

Selain ranah hiburan, industri game tampaknya mendapat pengaruh yang sama untuk urusan visual. Game-game terbaru saat ini sudah seluruhnya mendukung format 4K. Tujuannya sama, yakni untuk memberikan pengalaman visual yang lebih baik kepada penggunannya. 

Bagi sebagian orang, khususnya gamer, setiap detail pada game yang dimainkan sangatlah berpengaruh pada jalannya permainan. Pada game FPS misalnya, musuh yang jauh atau objek-objek kecil lain akan terlihat semakin jelas, tidak lagi pixelated seperti saat menggunakan resolusi yang rendah. 

Benefit seperti itu tentunya bisa Anda rasakan jika Anda memiliki monitor/TV yang sudah mendukung format 4K. Sejumlah hardware pendukung seperti monitor atau TV yang sudah mendukung resolusi 4K sudah mulai banyak ditemui di pasaran. Namun yang jadi masalah, harga yang ditawarkan untuk monitor tersebut saat ini masih cukup tinggi sehingga tidaklah bijak untuk membelinya saat ini.

Namun begitu, ternyata ada solusi lain yang lebih murah yang bisa Anda tempuh untuk tetap bisa merasakan konten 4K ini di monitor native full HD. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, ini berkat adanya fitur VSR (Visual Super Resolution) dan DSR (Dynamic Super Resolution). Baik VSR dan DSR keduanya memiliki fungsi yang sama yakni di mana fitur ini akan membuat GPU melakukan rendering konten berupa gambar yang lebih tinggi dari resolusi native perangkat display, kemudian melakukan compress ke resolusi native perangkat display yang digunakan.

Meskipun antara VSR dan DSR memiliki fungsi yang sama, keduanya tetap memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya, kami akan coba bahas keduanya.

VSR

Fitur VSR sebetulnya sudah tersedia di aplikasi CCC (Catalyst Control Center) dan bisa Anda temukan opsinya di bagian “My Digital Flat-Panel”




Sementara untuk driver terbaru AMD yakni Crimson Edition, fitur VSR bisa dijumpai pada bagian Display. Untuk mengaktifkannya cukup rubah posisi switch-nya ke “ON.”


Dibandingkan pada CCC, pada Crimson fitur VSR kini lebih superior. Hal tersebut terlihat dari menu pengaturan yang diperlihatkan. Terdapat pengaturan Display 1 dan Display 2, hal tersebut mengindikasikan bahwa Anda dapat mengatur setting-an yang berbeda untuk tiap monitor seperti fitur FreeSync hanya diaktifkan pada monitor 1 sementara di monitor lainnya OFF. Begitu pula dengan fitur VSR yang bisa diatur untuk diaktifkan di monitor yang kita inginkan.

Selain itu, saat fitur VSR diaktifkan dukungan resolusi yang dapat di-support tidak perlu lagi diorientasikan satu per satu. Jadi otomatis langsung mendukungan resolusi di atas resolusi native monitor yang digunakan hingga maksimal resolusi 4K.

Lalu bagaimana dengan performanya? Adakah perbedaan yang terjadi ketika menggunakan native 4K monitor dengan monitor full HD dengan 4K VSR?

Jawabannya tidak ada, hal ini mengacu pada pengujian internal yang dilakukan AMD di mana hasil yang diperoleh adalah sama.




Figure 1 Tabel perbandingan 4K native vs 4K VSR 1080p

Di mana platform yang diujikan melibatkan video card AMD Radeon R9 285, R9 380 dan R9 Fury.

Intel Core i7 5960X (3.0GHz)
MOTHERBOARD
GIGABYTE X99-UD4
VGA
 Radeon™ R9 285, AMD Radeon™ R9 380 dan AMD Radeon™ R9 Fury Series
MEMORY
Silicon Power  (2-8GB) DDR4-2133
HDD
2TB Seagate Barracuda 7200 RPM
DISPLAY
Samsung U28D590D 3840x2160 Display
DISPLAY DRIVER VERSION
AMD Graphics Driver 15.20-150621a-185621E-ATI
OPERATING SYSTEM
Windows® 10 64bit v10130

 



DSR

Fitur DSR milik NVIDIA ini bisa ditemukan pada NVIDIA Control Panel kemudian masuk ke sub-menu “Manage 3D Settings.” Pada bagian ini lalu pilih opsi DSR factor yang terletak pada bagian kanan di mana kemudian akan muncul drop down menu yang berisi pilihan rasio dari resolusi yang ingin didukung. Namun untuk lebih efektif, kami sarankan Anda untuk mencentang semua opsinya.

 


Pada bagian ini, Anda juga akan menemukan fitur DSR Smothness untuk mengatur tingkat kehalusan gambar ketika konten 4K berhasil ditampilkan di layar full HD.

 

Know us

Our Team

Tags

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *