Jumat, 20 November 2015

Mini PC, dari Digital Signage sampai Mesin Gaming

Trend perkembangan PC saat ini lambat laun mulai keluar dari jalur utamanya. PC desktop, sebelumnya didefinisikan sebagai komputer dengan casing tower yang besar sehingga membutuhkan ruang lebih untuk menyimpannya.  Bahkan meja kerja atau meja belajar umumnya dibuatkan rak khusus untuk menyimpan PC desktop.


Para pelaku industri di bidang semikonduktor tentu telah memiliki visi bahwa nantinya fungsi setiap komponen akan terintegrasi dalam satu paket kecil sehingga memungkinkan ukuran perangkat elektronik yang semakin ringkas. 

Sejalan dengan perkembangan teknologi khususnya prosesor di mana segala fungsi mulai diintegrasikan di dalamnya, kebutuhan komponen elektronik pun akhirnya bisa ditekan. Bahkan dengan dukungan multi-layer pada PCB, ukuran motherboard pun bisa menjadi jauh lebih ringkas. Hal inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya mini PC. Kendati begitu, kehadiran mini PC tidak serta merta berjalan mulus, berbagai limitasi yang dimiliki oleh mini PC menjadi alasan kurangnya minat konsumen terhadap mini PC ini. 

Dibandingkan dengan desktop konvesional, spesifikasi yang ditawarkan mini PC pada awalnya sangat terbatas dan hanya mampu untuk dioperasikan sebagai mesin komputasi sehari-hari saja.  Namun, paradigma seperti itu tampaknya sudah tidak lagi berlaku untuk saat ini. 

Berbagai inovasi telah dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan sebuah mini PC. Bahkan penggunaan mini PC ternyata memberikan keunggulan lain yang tidak bisa diberikan oleh jenis desktop PC konvensional. Contohnya adalah penggunaan ruang yang lebih hemat ketimbang desktop konvensional. Bagi Anda yang memiliki ruang yang cukup luas faktor ini mungkin tidak terlalu berpengaruh, namun tidak bagi user yang memiliki ruang terbatas. Selain itu, perangkat mini PC juga memiliki konsumsi daya yang 10x lebih rendah daripada PC desktop konvensional. 

Mengapa bisa demikian? Pertanyaan ini akan segera terjawab kemudian setelah Anda mengetahui beberapa keunggulan yang ditawarkan mini PC sebagai berikut :


Dari Digital Signage sampai Mesin Gaming 

 
Tidak seperti desktop, dengan desainnya yang mini berikut rentang spesifikasi yang diusungnya, menjadikan mini PC ini cocok difungsikan secara luas. Tidak sekedar sebagai perangkat komputasi personal namun juga dapat di manfaatkan di mana saja sebagai pusat hiburan seperti mesin Gaming, Home theater PC (HTPC) maupun untuk mendukung aktivitas bisnis seperti Digital Signage (media luar ruang), mesin ATM atau kasir, hingga komputer sekaligus proyektor.

Sumber : www.mediascope.co.id
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=n4hm5n7Pywk



Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=q8a_82So4jE

 

 

Space Saving

 
Dikatakan sebagai mini PC tentu terkait dengan desain yang ringkas dan compact. Salah satu produk mini PC dari GIGABYTE yakni BRIX GB-BXBT-1900, ukurannya bahkan hanya sebesar sebuah kotak bekal makan. 


Anda mungkin tidak akan menduga bahwa produk sekecil itu ternyata merupakan sebuah komputer. Dari sisi spesifikasi dan performa kemampuan dari mini PC BRIX GB-BXBT-1900 ini cukup bisa diandalkan, tidak sekedar menjalankan fungsi komputasi sehari-hari saja. Desain elegan tapi kokoh ditegaskan dengan desain casing berbasis kerangka aluminium antrasit dan permukaan kaca.

Tipe lain dari GIGABYTE BRIX hadir dengan dukungan fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jika Anda ingin menggunakan BRIX dengan fungsi yang lebih luas seperti desain grafis, edit video hingga bermain game, Anda dapat memilih seri yang sudah dibekali spesifikasi tinggi sampai dengan Intel Core i7 dan discrete graphics card, misal BRIX gaming series atau BRIX Pro series.

Ukurannya yang ringkas, memungkinkan penempatan BRIX GB-BXBT-1900 di ruang yang sangat terbatas. Sebelumnya area tersisa di meja kerja hanya 30% karena PC. Maka dengan mini PC, dokumen dalam binder serta tray untuk menyimpan berbagai perlengkapan kantor kini dengan leluasa ditempatkan di atas meja.

Terkait dengan space saving, kami memiliki tips mengoptimalkan ruang terbatas untuk penempatan Mini PC :

1. Manfaatkan fitur VESA mount

Dengan ukurannya yang ringkas, mini PC sebetulnya cukup leluasa untuk ditempatkan di mana saja meskipun ruang yang tersedia cukup sempit. Kendati begitu akan lebih baik jika Anda memanfaatkan fitur VESA mount yang didukung oleh mini PC ini sehingga Anda bisa menyematkannya di belakang monitor.  Untuk dapat menggunakan fitur ini, gunakan perangkat monitor/TV yang mendukung VESA mount. Bisa diindikasikan dengan tersedianya 4 buah lubang pada area berukuran 75mm2 atau 100mm2.

2. Gunakan input devices berbasis nirkabel

Agar meja kerja Anda akan terlihat lebih rapi dan bebas dari kabel yang semrawut.  GIGABYTE BRIX sudah dibekali dengan pre-installed IEEE 802.11 b/g/n Wi-Fi / Bluetooth 4.0 PCIe card sehingga Anda tinggal melakukan pairing untuk koneksi dengan perangkat mouse, keyboard, dan headphone.  Penggunaan koneksi secara nirkabel juga memberikan keuntungan lain yakni port USB pada mini PC bisa dimanfaatkan untuk koneksi dengan perangkat lain misal printer, modem, hard disk eksternal, flashdisk dan lain-lain.

3. Manfaatkan dukungan built-in Wi-Fi
 
sehingga Anda tidak memerlukan lagi koneksi ke jaringan lokal maupun internet via kabel Ethernet. 
Kendati begitu, GIGABYTE BRIX ini tetap masih menyertakan port RJ-45. Penggunaan jaringan Wi-Fi secara tidak langsung juga mengurangi penggunaan kabel yang bisa dikatakan kurang praktis, apalagi jika jarak router dengan perangkat mini PC cukup jauh. Built-in Wi-Fi pada Gigabyte Brix sudah termasuk dalam paket penjualan, jika anda memilih merk lain cek ketersediaan built-in Wi-Fi apakah harus dibeli terpisah


Konsumsi Daya Rendah

 
Selain unggul dari sisi dimensi yang lebih elegan dan ringkas, mini PC juga memiliki keunggulan dari sisi konsumsi daya yang lebih rendah. Namun pertanyaannya seberapa hemat, dan seberapa signifikan perbedaannya jika dibandingkan dengan komputer desktop konvensional? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan coba memberikan simulasi  terkait dengan masalah ini. 

Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa perangkat mini PC GIGABYTE BRIX ini memiliki konsumsi daya yang sangat rendah. TDP pada BRIX GB-BXBT-1900 yang menggunakan prosesor Celeron J1900 ini hanya sebesar 10W.  Sementara untuk daya dari unitnya sendiri, berada pada kisaran 20W, tergantung besar beban yang diberikan.


Misal biaya untuk TDL golongan R-1/TR dengan batas daya 1300 VA adalah sebesar Rp. 1352,- /KWh maka pengeluaran per tahun adalah :
Normal Desktop PC 720KWh X 1352 = Rp. 973,440
GIGABYTE BRIX 48 KWh X 1352 = Rp. 64,896

Dari simulasi yang kami paparkan di atas, sangat jelas bagaimana mini PC dapat menghemat biaya operasional listrik dengan selisih yang sangat jauh dibandingkan dengan menggunakan jenis komputer desktop konvensional.  

Perangkat mini PC saat ini sepertinya sudah bukan lagi menjadi solusi alternatif namun sudah bergeser menjadi solusi utama untuk menggantikan perangkat desktop PC konvensional. Meski begitu, limitasi yang cukup mencolok dari perangkat mini PC seperti BRIX ini adalah absennya dukungan upgrade komponen. Umumnya perangkat mini PC menggunakan processor dan VGA yang sudah tersolder ke motherboard sehingga Anda tidak bisa mengganti komponen prosessor maupun VGA-nya sesuka hati.

Jika anda tidak keberatan dengan limitasi dari segi upgrade dan sudah merasa kebutuhan komputasi dan hiburan anda dapat tercukupi dengan berbagai fitur dan keunggulan yang telah kami paparkan sebelumnya, mengapa tidak beralih ke mini PC.



Know us

Our Team

Tags

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *