Selasa, 08 Desember 2015

Menjaga Integritas Data Digital pada Hardisk Eksternal

Bekerja secara mobile saat ini merupakan sesuatu yang umum dilakukan. Beberapa sektor pekerjaan menuntut pekerjanya agar selalu tetap produktif di manapun meskipun tidak sedang berada di meja kerja.

Dukungan perangkat untuk melakukan hal tersebut juga sudah banyak tersedia. Laptop yang ultra ringan dan berukuran kecil menjadi pilihan utama bagi mereka yang bekerja secara mobile. Sayangnya, kapasitas hardisk pada laptop biasanya sangat terbatas.

Selain itu, guncangan dan benturan pada laptop bisa saja terjadi tanpa kita sadari ketika dibawa bepergian. Mengingat ukuran laptop yang semakin tipis dan ringkas, hard disk yang memang memiliki komponen rentan guncangan dan benturan beresiko tinggi mengalami kerusakan. Lebih parah lagi jika data yang tersimpan di dalam hard disk tidak dapat diselamatkan. 


Solusi yang umum dilakukan atas resiko data hilang adalah melakukan backup data, terutama untuk data-data yang sangat penting. Jenis backup yang digunakan pun bisa bermacam-macam, Anda bisa menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, BOX, Dropbox atau layanan sejenisnya untuk backup data Anda. Opsi lain, Anda juga bisa melakukan backup ke perangkat harddisk eksternal, UFD, atau media eksternal lain yang mampu menyimpan data.

Layanan penyimpanan data berbasis cloud

memang semakin marak saat ini. Layanan ini memang menawarkan solusi yang mudah dan praktis. Anda bisa melakukan backup data di manapun dan kapan pun menggunakan perangkat tertentu lalu kemudian mengambil kembali data tersebut dari perangkat lain asalkan melalui akun yang sama.  Cara tersebut memang terdengar mudah dan praktis, namun pada kenyataannya tidak jarang sulit untuk diterapkan. 

Sumber : www.appmakr.com


Masalah internet kerap menjadi kendala utama, sehingga layanan penyimpanan data berbasis cloud tidak dapat berjalan dengan semestinya. Belum lagi, jika file yang ingin Anda ambil ternyata memiliki ukuran yang sangat besar sehingga bila mengandalkan koneksi internet  yang buruk tentu akan memakan waktu yang sangat lama. Alih-alih menjadi produktif, hal tersebut ternyata justru menyita banyak waktu di mana pekerjaan Anda akhirnya tidak dapat berjalan sesuai rencana.

Faktor lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan layanan penyimpanan data berbasis cloud adalah jaminan integritas data. Apalagi jika data yang tersimpan merupakan data perusahaan  di mana akan menjadi target yang sangat empuk bagi para pelaku kejahatan digital. Tentu Anda masih ingat di mana beberapa waktu lalu layanan cloud milik Apple berhasil di bobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan kerugian besar bagi Apple dan tentu saja bagi pengguna layanan tersebut. Sekuat apapun lapisan keamanan yang digunakan pada layanan digital, suatu saat pasti dapat ditembus. Ini hanya tinggal menunggu masalah waktu selama peluangnya masih ada.


Dibandingkan dengan layanan penyimpanan data berbasis cloud, media eksternal seperti harddisk eksternal bisa dikatakan lebih aman dari sisi integritas data. Dua kunci proteksi integritas data pada hardisk eksternal adalah penggunaan material yang kokoh dan aplikasi fitur keamanan yang terintegrasi.

Di awal kemunculannya, kepopuleran hardisk eksternal terkendala masalah ukuran fisik yang besarnya berbanding lurus dengan kapasitas yang dimiliki. Semakin besar kapasitas, ukuran fisik hardisk eksternal semakin besar. Belum lagi masalah daya, dibutuhkan adaptor agar hardisk eksternal tersebut dapat beroperasi. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi, kedua permasalahan ini terjawab sudah, popularitas hardisk eksternal sebagai solusi penyimpanan data semakin terdongkrak. 

Hardisk eksternal berkapasitas 1TB dengan bentuk ringkas sekarang dengan mudah dapat ditemukan di pasaran, bahkan ada yang sudah memiliki kapasitas 2TB seperti yang ditawarkan Silicon Power lewat seri Armor A65. Selain Armor A65 yang dikhususkan bagi pengguna OS Windows, Silicon Power juga menghadirkan versi Armor A65M bagi para pengguna OS Macintosh.

Hardisk Eksternal Silicon Power A65/A65M
Hardisk Eksternal Silicon Power A65M

Dengan dimensi hanya 143.4 x 86.7 x 20.7 mm serta berat 277g, harddisk eksternal milik Silicon Power ini dengan sangat mudah dapat dibawa ke manapun, sehingga dapat menjadi solusi Anda saat bekerja secara mobile. Harddisk eksternal ini juga bersifat portabel karena catu dayanya dan datanya terhubung melalui interface USB 3.0 yang memiliki suplai arus yang lebih besar ketimbang USB 2.0. Jadi selain praktis dan portabel, Silicon Power Armor A65/A65M memberikan kecepatan transfer yang tinggi hingga 5.0 Gbps melalui antarmuka USB 3.0.

Proteksi integritas data pada Armor A65/A65M dipastikan dengan penggunaan material yang kokoh berikut material karet di bagian luar sebagai peredam guncangan dan benturan. Pengujian standar militer untuk mengetahui ketahanan sebuah perangkat saat dijatuhkan dari ketinggian tertentu ML-STD 810G 516.6 Procedure IV telah dilewati dengan mulus oleh Armor A65/A65M. Hardisk eksternal anti gores dan slip ini, lulus uji drop-test dari ketinggian lebih dari 1m dengan 26 titik kontak.

Jangan khawatir jika suatu ketika Armor A65/A65M ini tertumpah cairan, sertifikasi IP67 yang sudah dikantongi adalah bukti ketahanan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 meter selama maksimal 30 menit. Kekuatan fisik Armor A65M menjadi jaminan perlindungan dari kerusakan fisik permanen pada komponen yang juga dapat menghilangkan data penting di dalamnya.

Integritas data juga diproteksi dengan aplikasi fitur keamanan HDD Lock Utility yang berfungsi untuk menjaga file di dalam harddisk agar tidak dapat diakses sembarang orang karena sudah dilengkapi password yang hanya boleh diketahui usernya.

Hardisk Eksternal Silicon Power Widget
Proteksi Hardisk Eksternal Silicon Power Widget


Anda juga bisa memberikan proteksi tambahan pada proteksi password pada masing-masing file dengan memanfaatkan software SP Widget yang bisa diunduh gratis. Software ini bisa memaksimalkan dan mempermudah penggunaan fitur keamanan dan manajemen data pada Armor A65M. Armor A65M (Mac Version juga kompatibel dengan software Time Machine software (more detail link) 

Data adalah aset berharga yang tidak ternilai dengan uang. Penggunaan material yang kokoh dan aplikasi fitur keamanan yang terintegrasi pada hardisk eksternal apapun yang Anda gunakan adalah kunci utama untuk proteksi integritas data.


Know us

Our Team

Tags

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *