Jumat, 20 Januari 2017

AORUS Z270X-GAMING 7, PERDANA YANG MENJANJIKAN

AORUS Z270X-GAMING 7, Perdana yang Menjanjikan



Motherboard Z270 baru ternyata tidak hanya hadir dari pemain lama seperti MSI atau ASRock. AORUS yang merupakan pendatang baru juga ikut meramaikan pasar motherboard Kaby Lake ini dengan produk barunya, yaitu AORUS Z270X-GAMING 7. Motherboard ini merupakan salah satu produk perdana yang dirilis AORUS.


Sebenarnya, AORUS bisa dikatakan sebagai pemain lama. Ia adalah merek laptop gaming dari GIGABYTE. Posisi AORUS bisa dikatakan seperti Predator dari ACER atau Republic of Gamers milik ASUS. AORUS kini merambah ke komponen dan merilis motherboard Z270X-GAMING 7.





Sesuai dengan namanya, Z270X-GAMING 7 merupakan motherboard dengan fitur khusus untuk bermain game. Fitur khas gaming pada motherboard ini juga sangat terlihat, mulai dari deretan lampu RGB LED yang terpasang di berbagai tempat, hingga desain heatsink dan pelindung panel belakang yang menarik.
Nuansa GIGABYTE juga masih terasa kental melekat di motherboard ini, terutama pada segi desainnya yang tidak berbeda jauh dengan seri motherboard G1 Gaming. Selain itu, berbagai fitur khas dari motherboard gaming GIGABYTE juga dapat ditemukan.
 

AORUS Z270X-GAMING 7 dilengkapi dengan lapisan pelincung khusus di bagian slot PCIe x16 serta di bagian slot RAM. Pelindung tersebut hadir agar motherboarddapat tampil lebih kokoh dan mencegah kerusakan saat pemasangan komponen. Selain itu, terdapat juga teknologi SmartFan 5 yang memungkinkan pengguna untuk memonitor suhu komponen motherboard secara langsung.
Panel belakang AORUS Z270X-GAMING 7 juga hadir dengan jenis port yang lengkap dan jumlahnya cukup banyak. Motherboard ini telah dilengkapi dengan port HDMI, DisplayPort, USB 3.1 (Type-A dan Type-C), dan USB 3.0. Menariknya, kedua USB 3.1 di bagian panel belakang motherboard ini telah mendukung teknologi Intel Thunderbolt 3 yang memiliki kecepatan transfer data yang tinggi.
AORUS Z270X-GAMING 7 juga telah mendukung media penyimpanan modern melalui dua slot M.2. Jika Anda masih menggunakan HDD atau SSD tradisional, 6 port SATA 6Gbps yang telah mendukung teknologi RAID juga tersedia di motherboard ini. Sementara bagi Anda yang lebih suka menggunakan NAS, Z270X-GAMING 7 juga dilengkapi dengan dua buah port Ethernet (LAN).
Bagaimana dengan performanya?
Dari hasil pengujian yang telah kami lakukan, secara mengejutkan Z270X-GAMING 7 ternyata menghasilkan skor di atas rata-rata motherboard Z270 yang sudah diuji di meja pengujian Metrotvnews.com sebelumnya. Motherboard ini berhasil meraih skor 5730 poin. Sementara pengujian menggunakan Cinebench R15, ia berhasil meraih 953 poin.

Skor tersebut berada di atas dua motherboard Z270 yang telah kami uji sebelumnya, yaitu  MSI Z270 GAMING M5 dan ASRock Z270 Extreme 4, denga selisih tipis. Namun, motherboard ini masih berada di bawah ASUS TUF Z270 Mark I yang belum lama kami ulas.
Menariknya, Anda bisa mendongkrak performa tersebut melalui overclocking yang bisa diakses di menu pada UEFI BIOS motherboard ini. Di pengaturan overclocking, prosesor Intel Core i7 7700K Kaby Lake bisa dipacu hingga 5 GHz. Sayangnya, tampilan UEFI BIOS pada AORUS Z270X-GAMING 7 kurang intuitif dan terlihat rumit untuk pemula.

Kesimpulan
Dari segi performa dan fitur, AORUS Z270X-GAMING 7 merupakan motherboardyang tergolong cukup mumpuni. Dari segi desain, motehrboard ini juga cukup menarik berkat adanya RGB LED yang bisa diatur sesuai keinginan penggunanya. Untuk motherboard perdana AORUS, Z270X-GAMING 7 sudah tergolong memuaskan.
Salah satu kekurangan yang paling kami soroti adalah tampilan UEFI BIOS-nya yang terlihat rumit bagi pemula. Ini tentu menyulitkan pengguna awam yang ingin memaksimalkan potensi hardware.

Know us

Our Team

Tags

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *