Kamis, 05 Januari 2017

Cari Motherboard Gaming Terjangkau? Coba Lirik GIGABYTE G1 Sniper B7



Cari Motherboard Gaming Terjangkau? Coba Lirik GIGABYTE G1 Sniper B7

Metrotvnews.com, Jakarta: Seperti yang telah disebutkan pada ulasan motherboard GIGABYTE Z170X Ultra Gaming beberapa waktu yang lalu, motherboard dengan socket Intel LGA 1151 yang ada saat ini masih sangat menarik untuk dilirik. Hal tersebut dikarenakan motherboard tersebut masih bisa disandangkan bersama prosesor baru Intel Kaby Lake yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Tentu saja tidak hanya motherboard dengan chipset seri Z170 yang masuk dalam kategori ini. Motherboard dengan chipset seri B150 seperti GIGABYTE G1 Sniper B7 juga masih bisa digunakan bersama prosesor Intel Kaby Lake.  



Disamping itu, G1 Sniper B7 bagi kami merupakan motherboard dengan posisi yang unik. Chipset seri B170 sendiri pada dasarnya dirancang sebagai motherboard yang bukan untuk keperluan gaming. Motherboard B170 lebih menyasar ke penggunaan komputasi standar seperti perkantoran atau perumahan. Namun, G1 Sniper B7 merupakan motherboard gaming.

Ternyata, G1 Sniper B7 menggabungkan berbagai keunggulan pada motherboard B170 standar yang memiliki harga terjangkau dengan fitur gaming yang biasanya ada di motherboard seri Z170. Beberapa fitur gaming yang ada di motherboard ini di antaranya adalah fitur SLI dan CrossFire untuk penggunaan kartu grafis ganda, hingga dilengkapi dengan lampu LED sehingga tampil lebih menarik.



Motherboard ini juga telah dilengkapi dengan berbagai opsi penyimpanan, mulai dari yang "klasik" seperti SATA3 dan SATA Express, hingga yang lebih modern yaitu M.2 yang menawarkan kecepatan transfer data hingga 32Gbps. Sementara di panel belakangnya, sebuah port USB DAC khusus dihadirkan untuk menghubungkan perangkat audio eksternal agar kualitas suaranya lebih baik.

Jika melihat keseluruhan fitur yang ditawarkan, G1 Sniper B7 memang bisa dikatakan hanya memiliki fitur yang minimalis. Motherboard ini tampil tanpa USB 3.1 ataupun USB Type-C. Selain itu, keterbatasan chipset B170 juga membuat opsi overclocking tidak bisa dilakukan di motherboard ini.



Dengan demikian, nasib motherboard ini sangat bergantung pada performa dan harganya. Untungnya dari sisi performa, G1 Sniper B7 berhasil tampil memuaskan. Motherboard ini memang tidak sekencang Gigabyte Z170X Gaming 5 dan Gaming 3.

Namun, ia bisa menyaingi GIGABYTE Z170X Ultra Gaming yang seharusnya memiliki kasta yang lebih tinggi. Hasil perbandingan pengujiannya bisa Anda lihat di grafik di bawah ini.



Tentu saja secara keseluruhan, GIGABYTE Z170X Ultra Gaming masih unggul berkat fitur overclocking serta beragam fitur lain yang lebih lengkap. Harga GIGABYTE Z170X Ultra Gaming dua kali lipat dari G1 Sniper B7 yang hanya di kisaran Rp1,7 juta. Ini membuat G1 Sniper B7 solusi tepat bagi Anda yang ingin membuat PC gaming namun memiliki dana terbatas.

Kesimpulan

Meski fiturnya tidak selengkap motherboard gaming lainnya, GIGABYTE G1 Sniper B7 masih menawarkan performa yang memuaskan. Bahkan ia bisa menyaingi performa motherboard gaming yang memiliki kelas lebih tinggi. Harganya yang terjangkau juga membuat motherboard ini cocok untuk Anda yang ingin membangun PC gaming tanpa perlu menguras seluruh isi tabungan.

Know us

Our Team

Tags

Video of the Day

Contact us

Nama

Email *

Pesan *